MENERIMA PANGGILAN HADRAH : MARAWIS KHITANAN, PERNIKAHAN,DLL
Pimpinan : USTADZ ACHMAD SYAIFULLAH S.Ag
HUBUNGI CONTAC PERSON
USTADZ ACMAD SHOBARI < 08979228494 >
IRVAN PARADIYANSYAH < 021 > 95185503 & 08561071645
JADWAL HADROH MAJELIS AL-KAHFI Setiap Malem jum'at di Kemandoran Awal Bulan. jum'at kemudian setelah itu di Mesjid Al-huda (al-hasyimi) dan bergilir selama sebulan..
Share/Bookmark

24 Feb 2010

Memandang Orang lain lebih Baik dari pada Kita


Kita harus memandang diri orang lain lebih baik dari pada kita dan memandang diri kita sendiri lebih jelek daripada orang lain dalam hal iman ,ilmu,dan amal.namun kita jangan memandang non-muslim lebih baik daripada kita.sebab,Allah berfirman:


“Jaganlah kamu merasa hina dan jangan bersedih hati,sedang kamu ada dalam derajat yang tinggi apabila kamu dalam keadaan beriman”


Syekh Abdul Kadir Al Jaelany berkata,Apabila engkau bertemu dengan seseorang,hendaklah engkau memandangnya lebih utama dari pada kamu,dan engkau mengatakan,’ mungkin dia lebih baik disisi Allah dari pada aku,dan lebih tinggi derajatnya’.Apabila dia lebih kecil,hendaklah engkau mengatakan,’Orang ini tidak berbuat dosa kepada Allah sedangkan aku berbuat dosa,maka tidak ragu lagi bahwa dia lebih baik dari pada aku’.


Dan apabila keadaan orang yang kau lihat itu lebih tua,hendaklah mengatakan,Orang ini telah banyak beribadah kepada Allah sebelum aku’.apabila keadaan ornag yang engkau pandang orang alim(kiai),hendaklah engkau mengatakan,’Orang ini telah di beri sesuatu(anugrah)yang belum aku dapatkan dan ia telah mengetahui apa yang belum aku ketahui serta telah mengamalkan ilmunya’.


Apabila orang itu bodoh,hendaklahengkau mengatakan,Orang ini durhaka pada Allah karena kebodohanya,sementara aku berilmu.Aku tidak tahu dengan apa aku diakhiri atau denganapa dia diakhiri husnulkhotimah atau suu’ulkhotimah.Dan apabila keadaan orang kafir,hendaklah engkau mengatakan,Aku tidak tahu,mungkin aku menjadi kafir sehingga aku brakhir dengan amal jelek’.”


Keterangan:


Islam tidak membeda-bedakan manusia karena perbedaan harta,tahta,atau turunan.Akan tetapi,Islam mengajarkan manusia sama derajatnya di sisi Allah dan manusia lebih mulia adalah orang yang lebih takwa di antara mereka.Oleh karena itu,sebagian para ulama berdoa dengan doa sebagai berikut:


“Ya Allah jadikan aku orang sabar dan bersukur,dan jadikan aku dalam memandang diriku seseorang yang kecil/hina dan jadikan aku seseorang yang memandang besar,ketika memendang diri orang lain.”

0 komentar:

 

MAJELIS AL-KAHFI لسلام عليكم ورحمة الله وبركات Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template